Solusi Tombol/Switch On Off Power Bank Rusak Termudah


Switch Power Bank
Selamat datang kembali teman-teman....
Disini pasti semua sudah mengenal alat satu ini yang disebut Power Bank. Ya, barang ini sudah sewajarnya dimiliki karena fungsinya yang sangat diperlukan pada masa ini.

Teman-teman pasti pernah merasakan bagaimana susahnya ketika menggunakan smartphone dan kehabisan baterai padahal sedang membutuhkan untuk komunikasi.

Tipe-tipe dari power bank ini bermacam-macam mulai dari yang tanpa tombol, indikator led, atau digital dengan sevensegment.



Pada kesempatan kali ini, saya akan membagi sedikit ilmu yang saya miliki ketika mengganti tombol power di power bank milik teman saya. Kata teman, tombolnya tenggelam (kayak di dalam air aja nih :v), saya berfikir mungkin switch rusak.

Setelah saya bawa, ternyata benar. Tombolnya memang tenggelam alias masuk semuanya ke dalam. :D Dan tanpa fikir panjang langsung saya bongkar aja itu power bank.

Setelah semuanya saya bongkar, ternyata oh ternyata, switch power bank sampai lepas lur. Usut punya usut switch lepas karena ditusuk pakai pulpen oleh si pemilik karena tombolnya tenggelam. Ini dia foto dari switch yang digunakan.
Switch power bank rusak
Tanpa fikir lama-lama saya carikan switch itu ke toko elektronik yang ada di Jogja. Ternyata tidak ada yang menjual seperti itu di toko, karena bantuknya seperti tombol switch power dan volume pada handphone. Terpaksa saya membeli yang mini switch (kalau tidak salah namanya hehe... lupa soalnya) yang kakinya hanya ada 2 saja.

Oke... bahan sudah didapatkan waktunya eksekusi.
Pertama-tama, saya berikan tenol tambahan pada kaki kaki yang lama pada pcb. Setelah itu, saya lem switch yang baru dengan kapas dan diberi lem G. Untuk bahan pengeleman bebas, yang penting tahan terhadap tekanan dan tidak mudah lepas. Untuk penyambungan antara kaki dan letak jalur di PCB saya menggunakan kawat email bekas spul speaker yang sudah rusak, jadi email ini fungsinya seperti kabel jumper. Hasilnya seperti ini.
Hasil Pemasangan Switch Baru
Selanjutnya, saya menguji kerja dari switch tersebut dengan menghubungkan sumber daya atau baterai yang ada ke modul PCB tadi. untuk lebih baiknya kita mulai dari kutub negatif baterai ke jalur B- untuk menghindari adanya short pada jalur lain. Setelah itu sambung kutub positif ke B+. Pastikan sambungan aman dan kuat.
Pemasangan Kutub Baterai
Setelah semuanya dipastikan kuat, kita coba menyalakan dengan memencet tombol power yang telah kita pasang tadi dengan menekan beberapa kali secara berkala. Hasilnya power bank dapat menyala normal seperti sediakala.
Power Bank Nyala
Saya pastikan terlebih dahulu kekuatan dan kerja dari switch serta modul sudah normal semua. Setelah itu jika sudah benar-benar yakin, saya lepas lagi baterai dan memasang modul ke casing. Pelepasan baterai sangat penting agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan ketika pemasangan ke casing. Pertama yang kita lakukan adalah memasang modul ke casing dan memasang baut yang tersedia.
Pemasangan Modul ke Casing
Setelah casing terpasang dengan benar beserta fungsi dari tombol power atau switch yang kita pasang tadi dipastikan sudah berfungsi dengan baik. Lalu dilakukan pemasangan baterai ke modul. Pemasangan dilakukan seperti pada awal tadi.
Setelah baterai terpasang, saya pasang casing penutupnya dengan diberi lem sedikit untuk menjaga kekuatannya. Setelah itu kita coba lagi fungsi dari power bank.
Power Bank Normal Kembali
Sukses!!! Power bank sudah berhasil bekerja dengan normal seperti semula. Oke sekian beberapa pengalaman saya. Untuk switch tidak harus sama yang penting berfungsi sama seperti aslinya dan kita pasang dengan sedikit modifikasi. Semoga Bermanfaat

Related Posts:

7 Responses to "Solusi Tombol/Switch On Off Power Bank Rusak Termudah"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Kalo led powerbank tidak nyala gmn?(tdk bisa cas hp maupun di caharger)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicek tegangan dari B+ nya gan. terus nanti tegangan hilang dimana.

      Delete
  3. Mas kalau kepencet on trus gmn gpp kh di pakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik diperbaiki gan. ditipisin lagi dari tombolnya.

      Delete
  4. Rgb tv saya c2621 persamaannya dengan tipe berapa ya om...klo tipe c2482 bisa gk yq

    ReplyDelete
  5. Transistor rgb C2621 ganti c2482 bisa gk ya

    ReplyDelete

Silakan isi dengan komentar yang bermanfaat. Jika terdapat SPAM, maka kami akan MENGHAPUSNYA.