Solusi TV China Tabung 14" Warna Jadi Merah, Ganti Transistor Warna

TV Tabung China Warna Jadi Merah
Pada kasus ini, saya mendapat servisan TV Tabung China merk Votre dengan keluhan yang diberikan yaitu warna menjadi merah saja. Sebenarnya agak redup juga tapi baru memberikan keluhan jika TV tersebut warna menjadi merah.

Dugaan saya TV tersebut mengalami masalah pada bagian pemecah warna RGB yang ada di "konde" soket tabung TV tersebut. Masalah yang ada pun bermacam-macam dan tidak bisa ditebak. Pada bagian ini terdapat komponen untuk memecah warna menjadi RGB dan menembakkan ke tabung serta kabel bertegangan tinggi yaitu Focus dan Screen untuk menghidupkan tabung. Karena banyaknya dan tingginya tegangan yang dilewati, otomatis papan PCB akan panas dan lama kelamaan mengakibatkan retaknya solderan yang ada di papan tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, saya mencoba untuk menyolder ulang semua solderan yang ada pada papan PCB tersebut, baik itu yang retak maupun yang masih normal. Karena TV merupakan perangkat elektronik yang paling sering ditemui solderan retak akibat panas yang dihasilkan. 
Konde/Soket Tabung Setelah di Solder Ulang

Dari hasil penyolderan ulang tersebut, TV sempat normal dan semua warna tampil, tampilannya pun cerah kembali. Namun, seperti dugaan saya, selang waktu 5 menit TV kembali ke posisi semula. Fikir saya paling bagian TR Warna.

Selanjutnya saya mengarah ke TR Warna, karena masih menggunakan TR makan jumlah TR ada 3 biji yaitu untuk R (red), G (green), B (blue). Letak TR Tersebut masih pada posisi yang sama yaitu pada konde TV Tabung tersebut, bentuknya sama dengan TR pada umumnya dan seri yang digunakan pada TV yang saya kerjakan yaitu C2482 atau TR Penguat Warna.
Letak TR C2482 Pada Konde TV
TR Seri C2482

Selanjutnya, saya ganti TR tersebut dengan melepasnya dan diganti dengan kanibal dari TV lain yang sudah tidak tertolong. hehe, lumayan lah ngirit.
TR Sudah Dilepas

Setelah TR diganti, TV saya nyalakan dan hasilnya adalah warna TV sudah normal namun TV malah tambah redup tampilannya. Langsung wadhuh ada masalah lainna ini. Berhubung mau pergi yasudah diteruskan nanti lagi hehe. Sambil nunggu wangsit. Sementara disini dulu ya.
Zonk lurrrrr :'
Untuk mempermudah dalam memahami jika masih bingung dengan letak atau lain sebagainya, Video dapat ditonton di Channel Youtube saya yaitu "Oprekers" yang ada tulisan Oprekers warna warni. loh kok beda Syaka Tech sama Oprekers, ya karena melalui berbagai proses dan rintangan hambatan dan jadilah nama tersebut haha.


Sekian. Terima Kasih.

Related Posts:

0 Response to "Solusi TV China Tabung 14" Warna Jadi Merah, Ganti Transistor Warna"

Post a Comment

Silakan isi dengan komentar yang bermanfaat. Jika terdapat SPAM, maka kami akan MENGHAPUSNYA.